Asuransi Apa yang Anda Cari? Ini Solusinya dari Allianz [Bagian Kedua]

Postingan ini merupakan sambungan dari artikel sebelumnya yang mana isinya menyediakan penjelasan atas setiap saran pada artikel bagian pertama. Silakan dibaca lebih lanjut.

Asuransi Jiwa

Ada 1 produk asuransi jiwa yang saya sarankan untuk anda, yaitu Tapro Allisya Protection Plus. Produk ini memberikan manfaat dasar berupa uang pertanggungan meninggal dunia, yang akan menjadi warisan bagi keluarga tercinta, atau bisa juga disumbangkan ke lembaga sosial.

Tapro Allisya Protection Plus bisa ditambah rider (asuransi tambahan) yang lengkap, meliputi proteksi kecelakaan, cacat tetap, penyakit kritis, rawat inap cashless, santunan harian, dan pembebasan premi. Jika anda menginginkan semua manfaat asuransi dalam satu produk, pilihlah Tapro Allisya Protection Plus.

Produk ini berbentuk unit-link sehingga ada nilai investasinya. Tapi saya tidak sarankan anda mengambil produk ini untuk tujuan investasi, karena investasi tidak dijamin. Saya hanya menjual yang dijamin, yaitu unsur proteksinya. Ada pun unsur investasinya anggap saja sebagai bonus, dan fungsi utama dari nilai investasi tsb sebetulnya adalah untuk membiayai manfaat proteksinya.

Promo terkait produk ini:

Asuransi Kesehatan Rawat Inap Cashless

Ada 4 produk asuransi kesehatan rawat inap cashless yang tersedia di Allianz Life Indonesia. Klik pada nama produk untuk mendapatkan penjelasan lengkapnya.

  1. Rider Hospital and Surgical Care + (HSC+). Rider pada produk unit-link Tapro Allisya Protection Plus. Memberikan perlindungan keuangan dari rawat inap sd usia 70 tahun. Satu polis berlaku untuk satu orang. Premi bisa bulanan, kuartalan, semesteran, atau tahunan tergantung cara bayar produk induknya.
  2. Allisya Care. Asuransi kesehatan cashless dengan akad syariah. Asuransi murni tanpa investasi, tabungan, ataupun pengembalian premi. Premi hanya tahunan. Kontrak tahunan, bisa diperpanjang hingga usia 70 tahun. Bisa menyertakan anggota keluarga inti dalam satu polis. Diskon 10% jika salah satu peserta memiliki produk unit-link Tapro Allisya Protection Plus.
  3. Maxi Violet. Asuransi kesehatan cashless konvensional dengan manfaat sama seperti Allisya Care. Asuransi murni tanpa investasi, tabungan, ataupun pengembalian premi. Premi hanya tahunan. Kontrak tahunan, bisa diperpanjang hingga usia 70 tahun. Bisa menyertakan anggota keluarga inti dalam satu polis. Diskon 10% jika salah satu peserta memiliki produk unit-link Tapro Smartlink Flexi Account Plus (unit-link konvensional).
  4. Smartmed Premier. Asuransi kesehatan cashless yang memberikan penggantian sesuai tagihan dengan limit 6 miliar setahun. Asuransi murni tanpa investasi, tabungan, ataupun pengembalian premi. Premi bisa tahunan ataupun semesteran. Kontrak tahunan, bisa diperpanjang sd usia 85 tahun. Bisa menyertakan anggota keluarga inti dalam satu polis.

Asuransi Penyakit Kritis

Ada 2 produk asuransi penyakit kritis yang disarankan untuk anda. Keduanya merupakan rider pada asuransi jiwa unit-link Tapro Allisya Protection Plus. Klik untuk mendapatkan penjelasan produk.

  1. Rider CI+. Memberikan perlindungan keuangan dari risiko 49 penyakit kritis tahap lanjut hingga usia 70 tahun.
  2. Rider CI100. Memberikan perlindungan keuangan dari 100 kondisi penyakit kritis sejak tahap awal hingga usia 100 tahun. Merupakan perluasan dari 49 penyakit kritis.

Perbandingan CI+ dan CI100 bisa dibaca di artikel “Perbedaan dan Persamaan antara Rider CI+ dan CI100”.

Asuransi Kecelakaan dan Cacat Tetap

Ada 3 produk asuransi kecelakaan yang bisa anda pilih. Klik untuk mendapatkan penjelasan produk.

  1. Rider ADDB. Merupakan rider pada produk asuransi jiwa Tapro Allisya Protection Plus. Memberikan perlindungan keuangan dari risiko cacat atau meninggal karena kecelakaan sd usia 65 tahun.
  2. Rider TPD. Merupakan rider pada produk asuransi jiwa Tapro Allisya Protection Plus. Memberikan perlindungan keuangan dari risiko cacat tetap total, baik disebabkan sakit ataupun kecelakaan, sd usia 65 tahun.
  3. Personal Care. Memberikan perlindungan keuangan dari risiko kecelakaan meliputi perawatan di rumah sakit, cacat tetap, hingga meninggal dunia. Asuransi murni tanpa investasi ataupun tabungan. Kontrak tahunan. Bisa menyertakan anggota keluarga dalam satu polis.

Santunan Harian Rawat Inap

Ada 1 produk santunan harian rawat inap yang direkomendasikan untuk anda, yaitu Rider Flexicare Family pada produk unit-link Tapro Allisya Protection Plus. Rider Flexicare Family memberikan santunan harian rawat inap, pembedahan, dan pengobatan.

Asuransi yang Lengkap: Asuransi Jiwa, Rawat Inap Cashless, Penyakit Kritis, Kecelakaan, Cacat Tetap, Santunan Harian, dan Bebas Premi

Jika anda mencari produk asuransi kesehatan dengan manfaat yang lengkap, produknya hanya satu, yaitu Tapro Allisya Protection Plus. Tambahkan rider yang telah disebut di atas, yaitu:

  1. HSC+ untuk rawat inap cashless.
  2. CI+ atau CI100 untuk proteksi penyakit kritis.
  3. ADDB untuk proteksi kecelakaan yang menyebabkan meninggal atau cacat tetap.
  4. TPD untuk proteksi cacat tetap total, baik disebabkan sakit ataupun kecelakaan.
  5. Flexicare Family untuk mendapatkan santunan jika mengalami rawat inap atau pembedahan.
  6. Payor Benefit untuk bebas premi jika mengalami sakit kritis atau cacat tetap total.

Asuransi Kesehatan Kumpulan

Produk yang bisa saya tawarkan adalah Smarthealth Blue Sapphire. Produk ini memberikan manfaat rawat inap, bisa ditambah rawat jalan, rawat gigi, persalinan. Minimum peserta 10 orang.

Asuransi Rawat Jalan

Punya asuransi rawat jalan itu enak. Sakit ringan semacam batuk atau pilek, datang ke dokter tidak usah bayar. Tapi apakah asuransi itu untuk cari enak? Tidak. Asuransi itu cari perlindungan. Perlindungan dari apa? Dari risiko yang tidak sanggup kita tanggung, atau akan terlalu berat jika kita menanggungnya sendirian. Penyakit yang cukup dengan rawat jalan, secara umum masih relatif ringan biayanya, jadi secara prinsip tidak memerlukan asuransi.

Jika anda telah menyiapkan uang untuk premi rawat jalan, alihkan saja sebagai dana darurat. Premi asuransi rawat jalan itu mahal sekali, tidak jauh beda dengan manfaatnya, jadi tidak disarankan.

Tapi jika anda tetap ingin mengambil asuransi rawat jalan, produknya tersedia sebagai rider pada Allisya Care, Maxi Violet, dan Smartmed Premier.

Asuransi rawat jalan juga terdapat pada program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) BPJS. Murah meriah.

Baca juga: Asuransi Rawat Jalan, Perlukah? 

Asuransi Rawat Gigi

Sama seperti halnya rawat jalan, rawat gigi pun masih relatif ringan biayanya. Tidak disarankan ambil asuransi khusus rawat gigi. Premi yang anda anggarkan, jika ada, alokasikan saja untuk dana darurat.

Tapi jika anda tetap ingin mengambil asuransi rawat gigi, produknya tersedia sebagai rider pada Allisya Care, Maxi Violet, dan Smartmed Premier.

Asuransi rawat gigi juga terdapat pada program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) BPJS. Murah meriah.

Asuransi Melahirkan

Siapa yang ingin hamil dan melahirkan anak? Kenapa harus minta bantuan asuransi untuk membayar biayanya? Itu yang ada di pikiran saya ketika ada orang menanyakan asuransi untuk melahirkan.

Melahirkan itu keinginan sendiri, bukan musibah, dan waktunya pun dapat diperkirakan. Jadi sebaiknya siapkan sendiri biayanya dengan cara menabung. Termasuk siapkan juga biaya untuk aneka perlengkapan anak dan upacara yang menyertainya (akikah), yang tentu saja tidak ada asuransinya.

Tapi jika tetap ingin mempersiapkan biaya melahirkan lewat asuransi, produknya tersedia sebagai rider pada produk Allisya Care, Maxi Violet, dan Smartmed Premier.

Asuransi melahirkan juga terdapat pada program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) BPJS. Murah meriah.

Baca juga: Hal-hal yang Sebaiknya Dipersiapkan Bukan Lewat Asuransi

Asuransi Pendidikan

Sebetulnya yang disebut asuransi pendidikan itu tidak ada. Pendidikan itu sesuatu yang diinginkan (bukan musibah), waktunya bisa direncanakan, dan kebutuhan biayanya bisa diperkirakan. Jadi cara yang disarankan adalah menabung atau berinvestasi sedini mungkin. Tidak disarankan berinvestasi melalui produk asuransi, termasuk unit-link, karena potongan biayanya terlalu besar dan itu akan menggerus hasil investasi anda.

Pada saat yang sama, anda sebagai penanggung jawab terhadap anda anda harus memiliki asuransi jiwa, agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada diri anda (misalnya: tutup usia, cacat tetap, penyakit berat), investasi anda tidak ikut berhenti.

Baca juga:  Dilema Asuransi Pendidikan.

Asuransi Pensiun

Sama dengan asuransi pendidikan, asuransi pensiun pun sebetulnya tidak ada. Pensiun itu sesuatu yang direncanakan dan bisa diketahui waktunya. Cara yang disarankan adalah berinvestasi sedini mungkin.

Tidak disarankan berinvestasi melalui produk asuransi termasuk unit-link. Berinvestasilah pada instrumen investasi yang anda pahami. Jika tidak paham, belajarlah. Investasi itu mengandung risiko. Sangat berbahaya jika anda berinvestasi tanpa memahaminya, salah-salah uang anda bisa berkurang bahkan habis. Jika anda tidak punya waktu untuk belajar investasi, pilihlah instrumen investasi yang mudah dipahami dan risikonya relatif rendah, seperti deposito, emas, dan tanah.

Ringkasan: Asuransi Apa yang Anda Cari? Ini Solusinya.

Izinkan saya mengulang kembali ringkasan artikel ini. Klik pada nama produk untuk keterangan lebih lengkap.

No Asuransi yang Dicari Produk atau Cara yang Disarankan
1 Asuransi Jiwa Tapro Allisya Protection Plus
2 Asuransi Kesehatan Rawat Inap Cashless 1. Rider HSC+ pada Tapro Allisya Protection Plus

2. Allisya Care

3. Maxi Violet

4. Smartmed Premier

3 Asuransi Penyakit Kritis 1. Rider CI+ pada Tapro Allisya Protection Plus

2. Rider CI100 pada Tapro Allisya Protection Plus

4 Asuransi Kecelakaan dan Cacat Tetap 1. Rider ADDB pada Tapro Allisya Protection Plus

2. Rider TPD pada Tapro Allisya Protection Plus

3. Personal Care

5 Santunan Harian Rawat Inap Rider Flexicare Family pada Tapro Allisya Protection Plus
6 Asuransi yang lengkap: Asuransi jiwa, rawat inap cashless, penyakit kritis, kecelakaan dan cacat tetap, santunan harian, dan bebas premi Tapro Allisya Protection Plus, tambahkan rider:

1. HSC+

2. CI+ atau CI100

3. ADDB

4. TPD

5. Flexicare Family

6. Payor benefit

7 Asuransi Kesehatan Kumpulan Blue Sapphire
8 Asuransi Rawat Jalan JKN-BPJS, atau siapkan dana darurat, atau rider Rawat Jalan pada produk Allisya Care, Maxi Violet, Smartmed Premier.
9 Asuransi Rawat Gigi JKN-BPJS, atau siapkan dana darurat, atau rider Rawat Gigi pada produk Allisya Care, Maxi Violet, Smartmed Premier.
10 Asuransi Melahirkan JKN-BPJS , menabung, atau rider Melahirkan pada produk Allisya Care, Maxi Violet, Smartmed Premier.
11 Asuransi Pendidikan Bukan ranah asuransi. Sebaiknya investasi saja, dan disaat yang sama, pencari nafkah punya asuransi jiwa sebagai proteksi penghasilan.
12 Asuransi Pensiun Bukan ranah asuransi. Sebaiknya investasi saja.

Jika anda tertarik dengan salah satu produk di atas, silakan menghubungi saya untuk konsultasi gratis.

M. Ibnu Setiawan (Business ExecutiveASN)

HP/WA: 085726127497

Email: m.ibnu.setiawan@gmail.com

Iklan

One response to “Asuransi Apa yang Anda Cari? Ini Solusinya dari Allianz [Bagian Kedua]

  1. Ping-balik: Asuransi Apa yang Anda Cari? Ini Solusinya dari Kami | Agen Asuransi Jiwa & Kesehatan Syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s