Biaya Biaya Yang Ada Di Polis Asuransi Tapro Allianz

cost-and-benefitSebenarnya artikel ini sudah sedikit dijelaskan di artikel tentang Panduan Membandingkan Produk Unit Link.  Juga telah disinggung dalam artikel: Berapa Lama Masa Bayar Tapro? Tetapi saat ini akan lebih diperjelas lagi.

Hal yang penting dalam membeli produk asuransi, terutama unit link, adalah biaya-biaya yang ada di dalam produk tersebut. Apalagi bagi Anda yang hendak membeli produk Asuransi Syariah dimana prinsip transparansi harus diutamakan.

Berikut adalah biaya-biaya yang ada dalam Polis Asuransi Tapro Allianz (Allisya Protection Plus dan Smartlink Flexi Account Plus)

Pertama, Biaya Akuisisi atau Biaya Pengelolaan

Dalam Polis Asuransi selalu ada yang namanya Biaya Akuisisi dan besaran Biaya Akuisisi ini antar perusahaan itu tidak sama. Sangat penting untuk kita ketahui tentang Biaya Akuisisi ini. Mengapa? Karena tujuan dari biaya akusisi ini adalah untuk menutupi biaya perusahaan asuransi. Setiap produk yang dijual baik itu berupa produk jasa maupun produk barang pastilah ada biaya pembuatannya. Untuk perusahaan, dalam hal ini adalah biaya untuk menjalankan bisnis asuransi seperti seperti biaya pemeriksaan kesehatan nasabah, pengadaan polis, pencetakan polis, biaya lapangan, biaya telekomunikasi, biaya remunerasi karyawan dan agen.

Ketika kita setor premi, biasanya terbagi menjadi dua, yaitu premi reguler dan premi top up/saver. Dan biaya akuisisi dalam polis unit link biasanya di terapkan pada premi reguler dan berhubungan dengan alokasi investasi di premi reguler. Sedangkan premi top up atau saver, murni masuk alokasi investasi tanpa terkena biaya akuisisi. Berapa biaya akuisisi di Produk Tapro Allianz? Bisa Anda lihat pada Tabel di bawah ini:

biaya-akuisisi-tapro-allianz

Mulai tahun ke 6 dan seterusnya tidak akan dikenakan biaya akuisisi lagi.

Anda dapat menggunakan biaya akusisi ini sebagai bahan pertimbangan untuk memilih mana asuransi jiwa yang terbaik bagi anda dan keluarga. Anda dapat membandingkan biaya akuisisi ini antara perusahaan asuransi yang satu dengan yang lain.

Kedua, Biaya Asuransi atau Tabarru’.

Biaya Asuransi atau Tabarru’ adalah biaya yang dikenakan untuk setiap manfaat proteksi yang diambil oleh nasabah.  Dalam asuransi syariah disebut Tabarru’ karena biaya inilah yang digunakan untuk gotong rotong dan tolong menolong jika ada peserta lain yang terkena musibah. Hal yang perlu ditekankan di biaya asuransi/tabarru’ ini adalah BIAYA INI DIAMBIL DARI SALDO INVESTASI dan di potong tiap bulan selama Polis Aktif. Bahkan ketika cuti premi, biaya ini akan terus ada.

Berapa besarannya? Tergantung besarnya uang pertanggungan (UP) atau nilai manfaat asuransi, jenis kelamin, dan usia. Jenis pekerjaan, hobi, dan kondisi kesehatan saat akan masuk pun mempengaruhi biaya ini. Semakin tua usia seseorang, semakin besar jumlah uang pertanggungan, semakin lengkap manfaat yang diambil, dan smakin beresiko pekerjaan, maka akan lebih tinggi juga biaya asuransi/tabarru’-nya. Selain itu apabila terkena kondisi substandar misalnya dikarenakan over weight, perokok, kondisi kesehatan yang pernah menderita sakit kronis, maka biasanya akan terkena biaya asuransi/tabarru’ yang lebih besar sehingga mengakibatkan ekstra premi.

Contoh biaya asuransi/tabarru’ bisa dilihat pada gambar berikut:

contoh-biaya-asuransi

Biaya Asuransi untuk  Profil: Pria Usia 30 Tahun, Sehat Wal’afiat, Bekerja dalam Ruangan, dan Tidak Merokok

Ketiga, Biaya Administrasi

Pada produk Tapro Allianz, biaya administrasi di 12 Bulan Pertama (1 tahun pertama) GRATIS sehingga biaya administrasi akan mulai dipotong sejak bulan ke 13 yaitu hanya sebesar Rp 26.500 per bulan. Sama seperti Biaya Asuransi/Tabarru’, biaya ini dikenakan selama polis aktif.

Keempat, Biaya Pengelolaan Investasi

Karena Unit Link ada investasinya, maka perusahaan mengambil upah pengelolaan investasi, yaitu sebesar 2% per tahun dari saldo investasi kita.

Kelima, Biaya Lainnya

Apa itu biaya lain? Ini adalah biaya-biaya yang digratiskan. Yaitu: untuk pengambilan dana, penutupan polis, dan untuk pengalihan dana investasi (switching) apabila dilakukan maksimal 4 kali dalam satu tahun.

Demikian penjelasan tentang biaya-biaya yang ada di Polis Tapro Allianz (Allisya Protection Plus dan Smartlink Flexi Account Plus). Semoga dengan adanya artikel ini memberi transparasi bagi nasabah serta bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari produk asuransi, terutama Produk Tapro Allianz. Terima Kasih. []

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

One response to “Biaya Biaya Yang Ada Di Polis Asuransi Tapro Allianz

  1. Ping-balik: Prinsip Cara Kerja Unit Link | Agen Asuransi Jiwa & Kesehatan Syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s