Paradigma Baru Menabung Emas dan Berasuransi

Emas dan ProteksinyaHari ini tiba-tiba ingin membahas tentang emas dan asuransi. Hal yang sangat menarik dikarenakan: Pertama, menurut statistik di blog ini, salah satu artikel yang paling sering mendapat kunjungan adalah tentang emas, yaitu artikel: Pengalaman menabung dinar emas di m-dinar. Bahkan hingga mengirimkan WA untuk bertanya tentang menabung dinar emas ini. Kedua, nyoba googling dengan keyword emas dan asuransi. Hasilnya cukup menarik, hampir setiap link artikel yang muncul, kedua hal ini yaitu emas dan asuransi, selalu dibandingkan mana yang lebih bagus. Utamanya emas dibandingkan dengan asuransi pendidikan.

Emas memang masih menjadi pembahasan dalam dunia keuangan. Investasi yang tidak lekang oleh waktu. Dari jaman dahulu hingga sekarang. Masih sangat banyak orang yang sangat percaya akan “kekuatan” emas ini. Saking ekstrimnya, ada beberapa orang yang semua rencana keuangannya  disiapkan dalam emas. Kami sendiri juga tidak akan menafikan keberadaan emas dalam perencanaan keuangan. Khusus perbandingan produk asuransi (yang ada investasinya) dengan produk emas, kami tidak memungkiri bahwa dengan paradigma jika keduanya dibandingkan, asuransi pasti kalah. Karena didalam asuransi (pendidikan misalnya) ada biaya-biaya yang sejak awal membuat hasilnya tidak optimal. Sehingga kebanyakan orang menjadi kecewa. Namun di artikel ini kita akan melihat dengan paradigma baru, yaitu jika keduanya disinergikan. Maksudnya bagaimana? Baca terus hingga selesai ya 🙂

Simulasi Biaya Pendidikan dengan Emas

Perencanaan Dana Pendidikan dengan Emas

Klik gambar untuk memperbesar

Simulasi ini dibuat untuk lebih memudahkan paradigma sinergi emas dan asuransi. Gambar di atas menunjukkan simulasi biaya pendidikan anak yang saat ini berusia 1 tahun, pada kolom kedua menunjukkan tingkat pendidikan yang akan ditempuh oleh sang buah hati, kolom kelima adalah jumlah tahun menjelang sang anak memasuki tingkat pendidikannya nanti, misalnya saat ini usia anak 1 tahun dan  5 tahun lagi akan masuk SD, 17 tahun lagi masuk kuliah S1.

Kolom Total Biaya Saat ini adalah fakta biaya pendidikan perkiraan untuk masing-masing jenjang pendidikan saat ini, sedangkan kolom Biaya Akan Datang menunjukkan total biaya yang dibutuhkan pada saat anak akan masuk masing-masing jenjang pendidikan dengan mengambil asumsi pertumbuhan rata-rata sebesar 10% per tahun.

Kolom konversi LM saat ini adalah konversi harga biaya pendidikan saat ini terhadap emas (LM) dengan mengambil harga emas per gram sebesar Rp 515.000. Dua kolom terakhir adalah jumlah LM yang perlu dikumpulkan per tahun atau per bulan, dengan pembulan ke atas. Didapatkan pada bagian akhir kolom tersebut bahwa direkomendasikan untuk melakukan kegiatan menabung LM sebanyak 4,1 gram per bulan atau sekitar 49,78 gram per tahunnya. Simulasi biaya pendidikan ini adalah patokan untuk mengetahui langkah-langkah investasi yang lebih tepat.

Mempunyai Asuransi untuk Proteksi Perencanaan Emas

Dengan perhitungan di atas, Insya Allah akan mencukupi kebutuhan dan perencanaan dana pendidikan anak di masa depan.  Akan tetapi bagaimana kebutuhan perlindungan terhadap risiko?? Hanya kepada Allah kita semua memohon, berlindung, dan meminta pertolongan. Namun sebagai medan ikhtiar kita harus juga mengantisipasi risiko-risiko seperti kecelakaan, kematian, dsb. Untuk ini kita tetap bisa membeli produk-produk asuransi syariah, khususnya untuk perlindungan/proteksi risiko.

Inilah paradigma baru yang kami tunjukkan. Berasuransi untuk perlindungan atas perencanaan yang dibuat dengan instrumen emas. Jadi berbeda dengan paradigma awal dimana keduanya dibanding-bandingkan. Paradigma yang baru ini menyinergikan emas dan asuransi. Ibarat kita hendak bepergian jauh dari Solo ke Jakarta mengendarai mobil. Beranikah kita berangkat tanpa ada ban cadangan?? Pasti ada yang nekad bilang berani karena Allah selalu menyertai. Akan tetapi, tentunya akan jauh merasa aman jika kita membawa ban cadangan dalam perjalanan. Dan membawa ban cadangan adalah bagian dari ikhtiar. Betul bukan? Inilah fungsi asuransi dalam perencanaan keuangan, yaitu memproteksi rencana yang sudah dibuat dari risiko agar rencana tetap berjalan. Mirip fungsi ban cadangan kan?

Baca Juga: Karena hidup tidak selalu dengan satu skenario.

Satu yang terpenting dalam paradigma baru ini, yaitu kita harus tahu berapa kebutuhan proteksi asuransi kita. Ini juga yang membedakan pada paradigma lama, setor asuransi berapa dapat berapa. Contoh plan dana pendidikan dengan emas di atas, kebutuhan asuransinya adalah 1,263 Miliar. Produk asuransi syariah mana yang bisa memberikan perlindungan risiko senilai 1,263 Miliar itu? Di Allianz ada produk Tapro Allisya namanya. Skenario harapan kita pastinya kita ingin sehat dan kita bisa mewujudkan rencana yang sudah kita buat di atas. Akan tetapi jika Allah sudah kangen terhadap kita para pencari nafkah, atau terjadi musibah kecelakaan sehingga kita tidak bisa bekerja lagi, bagaimana dengan rencana di atas? Dengan mempunyai “ban cadangan” kita bisa “memasangnya” pada mobil “plan/rencana” kita di atas. Sehingga mobil “plan/rencana” kita bisa berjalan kembali.

Penasaran berapa harga “ban cadangan” senilai 1,263 Miliar tadi? Dengan Tapro Allisya, jika Anda Pria berusia 35 tahun, cukup mencicil 555 ribu per bulan. Berikut gambarannya:

Pria Usia 35 Tahun UP 1,3 M Premi 555 ribu per bulan

Klik gambar untuk memperbesar

Dengan proteksi senilai 1,3 Miliar (dibulatkan), jika terjadi risiko berpindah dunia, maka akan ada uang santunan senilai 1,3 Miliar untuk keluarga yang ditinggalkan. Sehingga keluarga bisa hidup mandiri kembali tanpa perlu meminta dan berhutang sana sini. Cita-cita untuk meneruskan pendidikan buah hati pun akan tetap terlaksana. Jika takdir Allah berlaku bahwa kita berusia panjang hingga menjadi seorang kakek, maka berbahagialah kita. Biaya yang dikeluarkan untuk menjaga rencana kita dari risiko, bermanfaat bagi peserta lain yang terkena musibah. Karena hakikatnya, berasuransi syariah itu tolong-menolong. Kesimpulannya, mari kita punya paradigma yang benar, kita berencana yang hal terbaik (dengan emas), juga berikhtiar melindungi rencana tersebut dengan punya asuransi syariah. Demikian. []

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s