Asuransi itu ada kadaluarsanya lho..

asuransi kadaluarsaNah lho.. Kok kayak barang aja ada kadaluarsa/masa expired? Gak percaya?? Baca sampai selesai ya.. πŸ™‚

Banyak orang beranggapan bahwa asuransi itu program jangka panjang. Anggapan ini tidak tepat. Sebetulnya asuransi itu bukan program jangka panjang, tapi program jangka pendek atau paling jauh jangka menengah.

Jika anda mengambil asuransi jiwa (unitlink ataupun bukan) dengan manfaat UP jiwa 1 miliar, maka uang 1 miliar itu mungkin terasa besar di saat sekarang, tapi akan semakin menurun nilainya di masa yang akan datang. Untuk saat ini, uang 1 miliar bisa dipakai membeli rumah mewah, tapi 10 tahun kemudian mungkin hanya rumah menengah saja. Dan 20 tahun kemudian, mungkin rumah sangat sederhana pun tak dapat.

Jika anda mengambil asuransi kesehatan (unitlink ataupun bukan) dengan manfaat plan kamar 1 juta, saat ini masih bisa memperoleh kelas VIP isi 1 orang. Tapi 10 tahun kemudian, kamar seharga 1 juta sehari mungkin setara kamar isi 4 orang, dan 20 tahun kemudian mungkin tak ada lagi kamar di rumah sakit yang tarifnya 1 juta semalam.

Itulah yang disebut asuransi punya masa kadaluarsa. Yaitu ketika besarnya proteksi yang didapatkan dulu ketika pertama kali punya polis asuransi, sudah tidak relevan lagi dengan kondisi sekarang.

Faktor-faktor yang menyebabkan asuransi punya masa kadaluarsa. Yang Pertama, jelas sekali, yaitu Inflasi. Seperti contoh yang sudah dikemukakan di atas. Inflasi membuat nilai uang turun, begitu juga Uang Pertanggungan kita. Yang kedua adalah beban tanggungan. Ketika Anda punya anak 1, dengan UP 1 Miliar akan cukup. Tapi dengan kelahiran anak ke-2, cukupkah?? Ketiga, hutang. Ketika Anda masih awal-awal berkeluarga dan masih ngontrak kesana kemari. Dan seiring waktu akhirnya mampu membeli rumah dengan KPR, seketika itu pulalah anda sudah mempunyai beban hutang. Yang mana beban hutang anda bertambah, otomatis Anda akan perlu untuk menambah UP Asuransi yang Anda punya.

Jadi, jika anda mengambil asuransi, niatkanlah untuk jangka pendek saja, 5 atau paling lama 10 tahun. Setelah itu reviewlah kebutuhan proteksi anda. Jika memang kebutuhannya bertambah, anda harus meningkatkan manfaat polis asuransi anda, entah dengan cara mengupgrade polis yang ada ataupun menambah polis baru.

Mari cek masa kadaluarsa asuransi Anda bersama kami, AgenAsuransiSyariah.com πŸ™‚

Salam,

M. Ibnu Setiawan
HP/WA : 085726127497
BBM : 5748E6A0
Email : m.ibnu.setiawan@gmail.com
Admin Blog http://agenasuransisyariah.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s