Yuk Siapkan Proteksi Dana Pendidikan dengan Tapro Allisya

educationPendidikan adalah investasi masa depan. Ya, tentunya kita sudah tau dan paham tentang pentingnya pendidikan, terutama bagi buah hati tercinta. Namun, ada satu yang terpenting, yaitu menyiapkan dana pendidikan itu sendiri. Melanjutkan artikel sebelumnya: “Melawan Inflasi Dana Pendidikan”. Artikel ini menyajikan tentang cara menyiapkan dana pendidikan beserta proteksinya. Kenapa? Dalam perencanaan keuangan, investasi dan proteksi adalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Akan tetapi dalam menjalankan fungsinya, lebih baik dipisahkan.

Jika kita berbicara mengenai rencana dana pendidikan, produk apa yang langsung muncul di kepala kita semua? Tebakan saya tidak akan mungkin salah, pasti asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan. Terbukti juga dua produk ini lumayan laku di Indonesia, khususnya untuk kalangan orang tua muda yang baru merencanakan tabungan pendidikan. Berikut sekilas deskripsinya:

  1.  Asuransi Pendidikan: Produk dari perusahaan asuransi yang berupa tabungan pendidikan dan sekaligus menyediakan proteksi jiwa dan kesehatan untuk anak. Tabungan rutin yang masuk akan dialokasikan untuk premi asuransi dan sisanya akan diinvestasikan di instrumen-instrumen investasi. Biasanya produk ini disertai juga dengan ilustrasi berapa jumlah uang yang bisa diambil pada tahun-tahun tertentu sesuai dengan usia masuk sekolah anak.
  2. Tabungan Pendidikan: Tabungan berjangka yang dikeluarkan bank dengan bunga diatas tabungan biasa dimana jangka waktunya akan didesain sesuai dengan kebutuhan pembiayaan sekolah anak. Jika pengambilan uang dilakukan tidak sesuai masa kontrak maka akan dikenakan denda.

Kedua produk di atas tercipta sebagai solusi untuk para orang tua dalam mempersiapkan dana pendidikan buah hatinya. Pertanyaannya bagusan yang mana, asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan? Mungkin seharusnya pertanyaan yang lebih tepat adalah, baguskah kedua produk di atas? Lho kok?? Silakan baca artikel ini sampai selesai ya.. 😀

Menghitung Berapa Besar Kebutuhan Dana Pendidikan

Langkah awal dan yang paling penting adalah menghitung berapa kebutuhan dana pendidikan di masa yang akan datang. Salah satu kekurangan asuransi pendidikan adalah tidak maksimalnya dana tahapan pada saat masuk jenjang pendidikan. Misalnya usia putra/putri kita baru 1 tahun, dan kita ikut asuransi pendidikan 500 ribu per bulan. Nanti pada saat anak kita masuk kuliah akan ada dana tahapan sebesar 150 juta. Wah keliatan besar ya.. Tapi apa cukup??

Bagaimana menghitung kebutuhan dana pendidikan sesungguhnya?? Gambar berikut adalah sebuah contoh berapa kebutuhan dana pendidikan yang sebenarnya.

Dana Pendidikan Masa Depan

Gambar di atas menggunakan fungsi future value pada MS Excel. Fungsi ini memberikan perhitungan berapakah nilai uang sekarang di masa depan. Sebagai ilustrasi sederhana dari gambar, ketika usia anak kita baru 1 tahun, uang pangkal kuliah saat ini senilai 100 juta. Dengan asumsi kenaikan 10% per tahun, maka ketika anak kita kuliah nanti biaya yang dibutuhkan sangat-sangatlah membengkak, yaitu mencapai 505 juta lebih. Nah bagaimana dengan asuransi pendidikan yang sudah saya sebutkan tadi, yang memberikan biaya 150 juta pada saat kuliah? Anda bisa menjawabnya sendiri. Info tambahan, kita bisa memulai mensurvey berapa biaya sekolah sesuai jenjang saat ini, sehingga kita bisa dengan tepat mengetahui berapa biaya pendidikan buah hati kita di masa depan.

Mulailah berinvestasi.

Dengan adanya inflasi dana pendidikan, maka biaya pendidikan akan semakin tinggi. Dalam hal inilah Tabungan Pendidikan di Bank tidak bisa memenuhi kebutuhan dana pendidikan di masa depan. Dan satu-satunya cara untuk mengalahkannya adalah dengan berinvestasi. Nah, berapa yang mesti kita investasikan? Gambar berikut bisa memberikan jawaban buat kita.

Total Investasi Dana Pendidikan

Setelah kita mengetahui berapa Total Dana Pendidikan yang dibutuhkan di masa depan, kita bisa merancang berapa yang harus diinvestasikan. Untuk simulasi di atas, total yang harus diinvestasikan yaitu 573 ribu per bulan. Dengan catatan pemilihan kendaraan investasi yang  tepat. Misal untuk persiapan Uang Pangkal SD, bisa menggunakan Reksadana Campuran yang bisa memberikan return 13-15% per tahun. Sedangkan SMP hingga Kuliah bisa menggunakan Reksadana Saham yang returnnya 20-25% per tahun. Oh ya, sebagai info tambahan, investasi 573 ribu per bulan itu tidak selamanya. Dengan sendirinya jika anak kita sudah masuk SD, maka investasinya akan menjadi Rp 381 ribu (573 ribu dikurangi 192 ribu). Ketika masuk SMP investasinya jadi Rp 302.500 (381 ribu dikurangi 78.500), dan seterusnya. Kesimpulannya: Semakin dini kita mempersiapkan, maka semakin ringanlah beban kedepannya :-).  NOTE: kalau Anda ingin file excel hitung-hitungan di atas, kami siap mengirimkannya. Sila request dan isi kolom komentar di bagian bawah artikel ini 🙂

Sebagai Orang Tua, Proteksilah Penghasilan Kita

Income protectionLho kenapa penghasilan kita yang dilindungi? Bukannya lagi bahas dana pendidikan ya? Jawabannya bisa dilihat pada gambar di atas. INCOME atau penghasilan kita berfungsi sebagai pondasi keuangan keluarga kita. Balok-balok di atasnya menggambarkan apa-apa yang “bergantung” pada penghasilan kita, seperti biaya hidup, belanja kebutuhan sehari-hari, cicilan rumah, cicilan mobil, juga termasuk dana investasi pendidikan putra/putri tercinta yang kita siapkan untuk  masa depan. Manusia punya rencana dan usaha, tapi Tuhanlah sebagai penentunya. Jika suatu saat terjadi resiko, apapun itu, terhadap diri kita pencari nafkah, yang mengakibatkan balok “INCOME” kita roboh, maka akan robohlah pula balok-balok di atasnya. Robohlah biaya hidup sehari-hari untuk keluarga kita, keuangan keluarga jadi porak poranda, termasuk juga bisa rusak parah rencana investasi dana pendidikan anak kita yang kita siapkan. Bisa hancurlah impian masa depan pendidikan buah hati kita. Oleh karena itu kita sebagai orang tua harus punya proteksi terhadap balok pondasi bangunan keuangan seperti pada gambar di atas, yaitu Proteksi terhadap PENGHASILAN/INCOME kita. Gimana cara melindungi penghasilan kita? Milikah Polis Tapro Allisya 🙂

Jika kita berpenghasilan 8 juta per bulan. Maka proteksi penghasilan yang kita butuhkan adalah 1,6 Miliar. Kenapa 1,6 Miliar? Karena jika terjadi resiko meninggal dunia terhadap kita sebagai orang tua, maka akan ada Uang Duka sebesar 1,6 Milyar yang uang tersebut bisa  dimasukkan deposito. Jika return deposito 7,5% per tahun yang nett-nya 6% per tahun, dari 1,6 M tersebut akan menghasilkan 96 juta per tahun atau 8 juta per bulan, yang itu bisa “menggantikan” penghasilan kita semasa hidup. Ya, asuransi sangat jelas tidak akan bisa menggantikan keberadaan kita. Namun, dengan asuransi, orang-orang yang kita cintai bisa tetap terus melanjutkan hidup tanpa ada rasa was-was. Berikut sebuah  ilustrasi Tapro Allisya untuk Melindungi Penghasilan Kita:

ilustrasi 1,6M usia 30 tahunDari Ilustrasi Tapro di atas, dengan 600 ribu per bulan, tidak sampai 10% income. Kita punya proteksi income sebesar 1,6 Milyar jika terjadi resiko meninggal dunia. Dan dengan memilikinya, dana investasi pendidikan buah hati kita akan aman, juga biaya-biaya hidup keluarga yang lainnya.

Untuk konsultasi lebih lanjut tentang persiapan dana pendidikan dan proteksinya, anda bisa langsung menghubungi saya. Terima Kasih.

Salam,

M. Ibnu Setiawan | BBM 5748e6A0 | HP/ WA 085726127497 | Email: m.ibnu.setiawan@gmail.com

Iklan

6 responses to “Yuk Siapkan Proteksi Dana Pendidikan dengan Tapro Allisya

  1. lengkap sekali isi artikelnya (y) terimakasih telah diizinkan untuk berkunjung

    Suka

    • terima kasih atas kunjungannya. mari siapkan dana pendidikan buah hati kita secara maksimal dengan investasi. dan juga punya proteksinya 🙂

      Suka

  2. Ping-balik: Perbandingan Komposisi Ilustrasi Asuransi Pendidikan | Agen Asuransi Jiwa & Kesehatan Syariah

  3. Ping-balik: Yuk Hitung Kebutuhan Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa Yang Ideal | Agen Asuransi Jiwa & Kesehatan Syariah

  4. Ping-balik: Asuransi Apa yang Anda Cari? Ini Solusinya dari Allianz | Agen Asuransi Jiwa & Kesehatan Syariah

  5. Ping-balik: Asuransi Apa yang Anda Cari? Ini Solusinya dari Allianz [Bagian Kedua] | Agen Asuransi Jiwa & Kesehatan Syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s