Melawan Inflasi Dana Pendidikan

anak sekolah

Sumber gambar: Google

Pernahkah anda membayangkan berapa banyak biaya pendidikan / dana pendidikan yang harus dikeluarkan untuk menyekolahkan anak kita dari jenjang paling awal sampai dengan tingkat universitas nanti? Mari kita lihat sedikit ilustrasi mengenai perhitungan dalam menyiapkan dana pendidikan untuk anak yang baru berusia 1 tahun:

Fakta #1: Uang pangkal sebuah SMA negeri unggulan di Jakarta adalah sebesar Rp 20 juta dengan SPP Rp 500 ribu setiap bulannya. Dengan asumsi kenaikan biaya sebesar 15% per tahun maka 14 tahun lagi uang pangkal yang harus dibayar adalah sebesar Rp 141 juta dengan SPP per bulan Rp 3.5 juta.

Fakta #2: Saat ini, uang pangkal di salah satu universitas papan atas Indonesia adalah Rp 55 juta dengan SPP sebesar Rp 5 juta per semester. Dengan asumsi inflasi biaya pendidikan sebesar 20% per tahun maka 17 tahun dari sekarang uang pangkal universitas tersebut akan menjadi Rp 1.22 Milyar dengan SPP mencapai Rp 110 juta per semester. Belum lagi kalau Anda mau mempersiapkan biaya hidup, uang buku, dan lainnya!

Dengan jumlah sebesar itu maka adalah penting bagi semua keluarga untuk mulai menyiapkan dana pendidikan sedini mungkin.

Berikut beberapa tips mempersiapkan dana pendidikan anak yang bisa diikuti:

  1. Tentukan sekolah yang akan dituju untuk setiap jenjangnya. Pastikan pilihan ini benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita secara finansial.
  2. Cari informasi mengenai biaya-biaya di sekolah tujuan tersebut, meliputi uang pangkal, SPP dan biaya rutin/non rutin lainnya. Jika memungkinkan, cari tau kenaikan biaya-biaya tersebut setiap tahunnya. Hal ini berguna untuk mengetahui berapa besar biaya yang dibutuhkan di masa depan.
  3. Hitung kemampuan keuangan anda saat ini untuk menentukan berapa banyak investasi yang bisa dilakukan dalam mempersiapkan dana pendidikan anak ini.
  4. Pilih instrument investasi yang sesuai dengan profil risiko dan jangka waktu investasi. Pastikan anda memahami setiap instrument investasi yang anda pakai dan return yang diperoleh bisa memenuhi kebutuhan biaya pendidikan sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Demikian sedikit tips mempersiapkan dana pendidikan anak, khususnya untuk melawan kenaikan atau inflasi dalam komponen biaya tersebut. Semoga bermanfaat.

Sumber: http://www.catatankeluargamuda.com/2012/12/melawan-inflasi-dana-pendidikan/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s