Allianz Arena: Sejarah dan Fakta Menarik

Allianz Arena Germany

Allianz Arena merupakan stadion sepak bola yang berlokasi di Munich, Bavaria, Jerman, dengan kapasitas 75.024 tempat duduk.

Stadion ini memilii eksterior yang dilapisi dengan panel plastik ETFE yang bisa mengembang, dan merupakan stadion pertama di dunia dengan warna eksterior yang bisa berubah.

Terletak di 25 Werner Heisenberg-Allee, Allianz Arena merupakan stadion terbesar ketiga di Jerman setelah Signal Iduna Park di Dortmund dan Olympiastadion di Berlin.

Dua klub sepakbola professional yaitu FC Bayern Munich dan TSV 1860 München, telah menggunakan Allianz Arena sebagai stadion laga kandang sejak musim 2005-06. Kedua klub sebelumnya bermarkas di Stadion Olimpiade Munich sejak 1972.

TSV 1860 München sebelumnya memiliki saham stadion 50%, tetapi FC Bayern Munich membeli saham mereka senilai 11 juta euro pada April 2006. Hanya saja, pembelian ini tetap memungkinkan TSV 1860 München untuk bermain di stadion meskipun telah melepas kepemilikan.

Penyedia jasa keuangan besar Allianz membeli hak penamaan stadion selama 30 tahun karena secara signifikan menyumbang dana pembangunan stadion.

Namun, nama ini tidak dapat digunakan ketika stadion menjadi tuan rumah turnamen FIFA dan UEFA, karena badan sepakbola tersebut memiliki kebijakan melarang sponsor dari perusahaan yang bukan merupakan mitra turnamen resmi.

Itu sebab, selama Piala Dunia 2006, Allianz Arena disebut sebagai FIFA World Cup Stadium Munich (Stadion Piala Dunia FIFA Munich). Sedangkan dalam pertandingan klub UEFA dikenal sebagai Fußball Arena München.

Aliianz Arena memiliki julukan “Schlauchboot” (perahu karet), dengan Museum Bayern Munich, FC Bayern Erlebniswelt, terletak di dalamnya.

Berikut adalah beberapa fakta tentang Allianz Arena:

1. Kapasitas

Setelah mendapat persetujuan dari pemerintah kota pada 16 Januari 2006, kapasitas stadion meningkat dari 69.000 menjadi 71.000 penonton.

Ekspansi yang telah disetujui pada bulan Januari 2015, untuk selanjutnya memperbesar kapasitas stadion menjadi 75.000 untuk pertandingan Bundesliga dan 70.000 untuk pertandingan Liga Champions.

2. Arsitek

Pembangunan stadion dimulai pada tanggal 21 Oktober 2002 dan secara resmi dibuka pada tanggal 30 Mei 2005. Desainer utama Allianz Arena adalah biro arsitek Herzog & de Meuron.

3. Konstruksi Eksterior

Bagian eksterior stadion dibangun dari 2.874 panel udara ETFE-foil yang dijaga terus mengembang oleh udara kering bertekanan 3,5 Pa.

Dari jauh, panel tampak berwarna putih tetapi ketika diteliti dengan seksama, terdapat sedikit titik pada panel.

Saat dilihat dari dekat, panel sebenarnya tembus pandang dengan ketebalan 0,2 mm.

Setiap panel dapat menyala dengan cahaya putih, merah, atau biru.

4. Biaya Pembangunan

Biaya pembangunan Allianz Arena direncanakan menelan 286 juta Euro, tetapi pada kenyataannya membengkak hingga 340 juta Euro.

Selain itu, pemerintah kota dan pemerintah Jerman juga menyumbang 210 juta Euro dalam bentuk pembangunan berbagai infrastruktur pendukung.

5. Adanya Masjid

Pembangunan Masjid ini diawali atas permintaan dari gelandang muslim Bayern Muenchen, Franck Ribery, dimana awalnya ia meminta kepada pihak manajemen klub agar menyediakan sebuah ruang kecil untuk shalat bagi pemain Muslim.

Namun entah ingin memberikan kejutan atau memang keinginan klub dari rencana yang sudah lama, pihak manajemen klub menyetujui permintaan itu yang tak hanya membangun tempat ibadah dalam bentuk ruang kecil, melainkan konstruksi masjid yang terbilang cukup besar.[]

Iklan

One response to “Allianz Arena: Sejarah dan Fakta Menarik

  1. Ping-balik: Nilai Lebih Allianz | Agen Asuransi Jiwa & Kesehatan Syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s