Mengenal Jenis Asuransi Kesehatan

Asuransi-KesehatanKetika ada request ilustrasi dari calon nasabah, terutama tentang Askes. Tidak sedikit yang meminta manfaat yang sangat spesifik. Contohnya: Pak, saya mohon ilustrasi askes, pakai kartu, bisa dobel klaim, dan premi kembali. Ketika saya buatkan ilustrasi askes yang pakai fasilitas kartu dan menjelaskan bahwa ini tidak bisa dobel klaim, bisanya koordinasi manfaat. Trus sang calon nasabah ngasih informasi ke saya, “di asuransi ini bisa pak dobel klaim, premi bisa balik pula”. Dan setelah dicek ternyata Askes yang ditawarkan tersebut berjenis Cash Plan atau santunan harian.

Untuk lebih menambah pemahaman kita bersama tentang produk askes. Informasi dalam artikel berikut mencoba menjelaskan tentang macam atau jenis asuransi kesehatan yang banyak ditawarkan ke kita.

Ada dua jenis Asuransi Kesehatan:

1. Hospital Cash Plan

2. Hospital Benefit

Selain dari penggunaan kata-katanya tetapi lebih penting lagi artinya, untuk yang pertama, Hospital Cash Plan:

  • tidak memerlukan kwitansi asli, dapat berupa fotocopy yang dilegalisir rumah sakit
  • biasanya yang diganti hanya biaya kamar per hari, baik untuk kamar biasa atau ICU. Terdapat juga penggantian untuk operasi yang jumlahnya sudah ditentukan.
  • biaya penggantian tidak tergantung dari kwitansi tetapi dari per hari rawat inap atau per kejadian operasi sesuai polis yang diambil. Karena hal inilah, askes berjenis hospital cash plan bisa mendapatkan manfaat dobel klaim.
  • sistem penggantian berupa reimburse, jadi nasabah membayar dulu baru kemudian klaim ke perusahaan asuransi
  • menurut info terbaru, ada program askes yang juga menggunakan kartu dan memberikan uang premi kita 100% kembali bila tidak ada klaim sakit.  Namun,  itu pun dikategorikan jenis hospital cash plan. Kenapa?? Karena sistem penggantiannya  berdasarkan jumlah per hari rawat inap atau per kejadian operasi sesuai manfaat yang diambil.
  • premi yang relatif lebih murah karena nilai penggantian juga kecil

Yang Kedua, Hospital Benefit :

  • sistem klaim biasanya langsung di rumah sakit menggunakan fasilitas cashless (pakai kartu) tidak perlu reimburse. Misalnya, tagihan rumah sakit anda Rp 10jt sementara plafon dari asuransi total hanya Rp 8jt, maka anda langsung membayar sisanya Rp 2jt di rumah sakit tersebut. Hal ini bisa terjadi hanya di rumah sakit rekanan / RS Provider dari perusahaan asuransi yang anda ambil. Jika di luar RS Rekanan/RS Provider, sistem penggantian berupa reimburse, jadi nasabah membayar dulu baru kemudian klaim ke perusahaan asuransi.
  • biaya yang diganti meliputi kamar, dokter umum, dokter spesialis, obat-obatan, biaya operasi (jika ada), semua dibayarkan sesuai kwitansi dengan maksimum sesuai plafon yang kita ambil di polis
  • Diperlukan kwitansi asli. Jika anda memiliki 2 asuransi kesehatan yang memerlukan kwitansi asli, prosedurnya adalah : tentukan dulu klaim anda pertama kali ditujukan ke perusahaan asuransi yang mana, jika kemudian nilai klaim belum mencukupi untuk membayar rumah sakit maka anda bisa minta kwitansi asli sisa pembayaran untuk diklaim ke perusahaan asuransi yang kedua. Demikian juga jika anda mempunyai 3 atau lebih asuransi kesehatan. Hal ini disebut Koordinasi Manfaat, bukan dobel klaim.
  • Premi lebih tinggi

Bagan berikut bisa memberikan tambahan informasi yang bisa melengkapi penjelasan di atas:

Bagan Askes

Demikian informasi tentang macam asuransi kesehatan yang bisa menambah wawasan yang lebih lagi kepada kita mengenai produk askes. Semoga Bermanfaat. []

Iklan

One response to “Mengenal Jenis Asuransi Kesehatan

  1. Ping-balik: Inner Limit dan Yearly Limit dalam Asuransi Kesehatan Cashless | Agen Asuransi Jiwa & Kesehatan Syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s