Alergi ah sama Asuransi Unit Link. Cari yang murni aja.

salah-kaprah-asuransi-unit-linkDi atas semua keributan mengenai asuransi murni term life vs unit link, terdapat kesan bahwa unit link itu mahal. Ini ada benarnya, tapi tidak seluruhnya. Ada unit link yang murah, dan ada term life yang mahal.

Saya ingin menawarkan cara pandang bahwa Unit link disini bukan untuk investasi, tetapi unit link difungsikan sebagai produk proteksi, dan dari segi premi dan manfaatnya tidak kalah dengan produk asuransi murni. Selain itu investasi dalam unit link berfungsi untuk bantu premi asuransi melalui kinerja returnnya, sehingga bisa membuat total premi menjadi lebih murah dibandingkan asuransi murni.

Saya ambil contoh (gak nyebut merk ya):

1. Produk termlife (Asuransi Murni) dengan UP 1 Miliar dari perusahaaan asuransi X untuk pria usia 30 tahun premi 375.200/bln, kontrak 20 thn bisa diperpanjang sampai 70 thn. Total premi yang dibayarkan selama 20 thn Rp. 90.048.000 dan hangus/hilang. Jika ingin perpanjangan akan ada kenaikan premi.

Selain itu jika nasabah mengalami cacat tetap total atau terkena sakit kritis sesuai kriteria polis maka akan dibebaskan dari kewajiban membayar premi hingga masa pembayaran premi berakhir, yaitu usia 50 tahun.

2. Tapro Allisya Protection Plus UP-nya 1 Miliar untuk usia 30 thn, pria sehat, preminya 375.000/bln, kontrak bisa lebih dari 20 thn, premi bisa flat selama Anda membutuhkan proteksi. Total pembayaran premi selama 20 thn Rp 90.000.000. Karena ini unitlink maka ada nilai tunai. Nilai tunai ini bisa memperpendek masa bayar premi jika kinerja investasinya bagus.  Atau bisa juga Nilai Tunai yg ada bisa dianggap pengurang premi total yg dibayarkan. Contoh perhitungannya saya pakai asumsi nilai tunai terendah (5%) setelah 20 tahun pembayaran premi yaitu Rp 30.107.000, jadi total premi yang dibayarkan 90.000.000-30.107.000= Rp 59.893.000. Ini hanya asumsi, nilai tunai yang kita peroleh nanti tergantung kinerja investasi. Berarti lebih murah lagi bayar preminya jika kinerja investasinya sedang bagus.

Selain itu jika nasabah mengalami cacat tetap total atau terkena sakit kritis sesuai kriteria polis maka akan dibebaskan dari kewajiban membayar premi sampai usia nasabah 65 tahun.

Perbandingan Produk Ini diambil dari perusahaan asuransi yang berbeda, dan produknya bener-benar ada. (supaya fair perbandingannya)

Dari dua ilustrasi di atas, pilih mana??

KESIMPULAN : tidak semua termlife lebih murah dan tidak semua unit link lebih mahal.

Ilustrasi Tapro Allisya Protection Plus seperti di bawah ini

ilustrasi up 1 miliar 375 ribu

Pesan : Jangan alergi unitlink ya.. 🙂 unitlink atau termlife hanya skema, yang penting pilih manfaatnya yang sesuai untuk Anda. Apalagi jika Anda mencari produk yang syariah 🙂

Jika Anda ingin Tapro Allisya Protection Plus, saya akan buatkan Ilustrasi sesuai profil Anda, silahkan klik DISINI

Salam,

M. Ibnu Setiawan | HP/WA 085726127497 | BBM 549A9A53 | Email m.ibnu.setiawan@gmail.com

Iklan

3 responses to “Alergi ah sama Asuransi Unit Link. Cari yang murni aja.

  1. Ping-balik: Cerita Pengalaman Mencari Produk Asuransi Murni Berjangka (Termlife) Berakad Syariah | Agen Asuransi Jiwa & Kesehatan Syariah

  2. Ping-balik: Unit Link, antara Investasi atau Proteksi | Agen Asuransi Jiwa & Kesehatan Syariah

  3. Ping-balik: Cerita Pengalaman Mencari Produk Asuransi Murni Berjangka (Termlife) Berakad Syariah | Good Day

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s