Investasi Tuh JANGAN di Unit Link, Trus Kalo Asuransi GAK HARUS di Termlife

confuseApakah Anda termasuk orang-orang yang sudah mempunyai dana investasi baik emas LM, dinar emas, maupun reksadana saham dan sedang mencari asuransi jiwa (syariah) yang paling tepat, sesuai kebutuhan dan anggaran?? Dan mungkin juga sedang bingung apakah memilih termlife atau unit link?

Alhamdulillah saat ini ada produk Allianz yang bisa menjadi solusi dan subtitusi untuk proteksi asuransi komprehensif dan cukup kompetitif dari segi premi bisa, yaitu Allisya Protection Plus atau lebih dikenal dengan Tapro Allisya atau Tapro Syariah. Ini Unit Link ya?? Bukannya unit link ada investasinya dan tidak disarankan oleh banyak Perencana Keuangan? (Meskipun tidak semua, salah satunya Ahmad Gozali, bisa cek disini). Betul, ini merupakan produk Unit Link. Tapi Unit Link Tapro Syariah ini difungsikan dengan tujuan sebagai sebuah produk asuransi. Lebih menariknya produk ini dikombinasikan dengan Rider Termlife, sehingga yang muncul adalah sinergi kelebihan yang dipunyai oleh Unit Link dan Termlife. Mari kita bahas sinergi tersebut.

Sinergi kelebihan yang dipunyai Tapro Allisya atau Tapro Syariah:

1. Proteksi Maksimal.

Selama ini Unit Link dikenal sangat sulit untuk mendapatkan UP yang maksimal sesuai premi yang dibayarkan, karena ada biaya ini dan itu. Tapi produk Tapro Allisya ini bisa memberikan proteksi yang maksimal, karena merupakan kombinasi produk Unit Link dan Term Life. Contohnya: 355 ribu per bulan dapat UP 1 Miliar. Tapro Syariah ini diniatkan sebagai produk proteksi atau asuransi secara penuh. Sedangkan untuk investasi, silakan di tempat lainnya, seperti reksadana saham (syariah) atau emas batangan.

Baca juga: Ilustrasi Asuransi Jiwa Tapro Allisya UP 1 Miliar untuk berbagai usia

2. Bisa bayar bulanan.

Pembayaran premi Term Life biasanya tahunan. Ada juga yang bulanan tapi jatuhnya akan jadi lebih mahal kurang lebih 20% dari premi tahunan dan harus menggunakan kartu kredit. Di produk Tapro Allisya ini bisa bayar bulanan tanpa harus membayar lebih mahal dari premi tahunan.

Baca juga: Cash is King, Penerapannya dalam berasuransi

3. Ada cuti premi tapi bisa diperlakukan layaknya term life

Produk Termlife memberikan proteksi sesuai masa pembayaran premi. Tapro Allisya ini pun bisa diperlakukan sama, masa proteksi sesuai masa pembayaran premi dan cukup kompetitif dari segi premi. Uniknya lagi, karena produk sinergi maka Tapro Allisya ada fasilitas cuti premi (berhenti bayar premi untuk sementara). Fasilitas ini sangat diperlukan jika suatu saat lupa bayar premi karena satu dan lain hal, dan penagihan biaya akan dipotong dari nilai tunai/nilai investasi yang ada pada saat itu. Jadi nilai tunai/investasi ini berfungsi layaknya asuransi atas asuransi , yaitu sangat membantu untuk melindungi polis supaya tidak langsung lapse apabila terjadi lupa bayar. Namun, alangkah lebih baik jika tidak mengambil fasilitas ini kecuali sangat terpaksa.

4. Bergaransi Perpanjangan.

Unsur asuransi pada unit link pada hakikatnya adalah jenis termlife, yaitu YRT (Yearly Renewable Term) atau asuransi berjangka tahunan dengan garansi perpanjangan, dan bukanlah jenis whole life. Dikategorikan asuransi berjangka (term-life) tahunan, karena biaya asuransi ditetapkan hanya untuk satu tahun dan akan berbeda untuk tahun berikutnya. Metode ini disebut actual premium atau YRT premium.

Sedangkan pada asuransi jiwa term-life yang berjangka waktu beberapa tahun (5, 10, 15, atau 20 tahun), premi merupakan hasil perata-rataan dari biaya asuransi tiap tahun dibagi jumlah tahun. Oleh karena itu, premi di separuh masa kontrak pertama akan lebih tinggi dari biaya aktualnya, dan di separuh masa kontrak kedua akan lebih rendah dari biaya aktualnya. Metode ini disebut level premium.

Ya, salah satu fitur yang dicari kebanyakan orang adalah Garansi Perpanjangan. Karena jika Anda melakukan perpanjangan selepas masa kontrak, sebagian perusahaan asuransi akan mewajibkan anda menjalani tes kesehatan lagi. Jika kesehatan anda dianggap buruk, perpanjangan asuransi bisa jadi ditolak. Oleh karena itu, jika anda memutuskan mengambil term life, pastikan polis anda memiliki garansi perpanjangan (renewal guarantee). Selain itu ketika melakukan perpanjangan premi akan naik sesuai usia dan besarannya sesuai berapa lama masa asuransi perpanjangan yang diinginkan.

Alhamdulillah di Tapro Allisya, Anda sama sekali tidak perlu memikirkan masalah garansi perpanjangan. Hal ini akan memudahkan ketika ingin menambah masa proteksi. Misalnya: Pria usia 30 tahun membutuhkan proteksi selama 20 tahun atau hingga usia 50 tahun. Tetapi karena satu dan lain hal, ternyata membutuhkan proteksi lebih lama dan ingin memperpanjangnya, hingga usia pensiun 55 tahun misalnya. Maka layaknya asuransi termlife, cukup setor premi sesuai usia saat itu, tetapi tanpa perlu repot mengurus administrasi, medical check up, dan lain lainnya. Karena sejak awal, dalam kontrak polis Tapro Allisya dinyatakan bahwa masa berlaku proteksi, misalnya untuk UP 1 Miliar, adalah sampai usia 70 tahun. Hal ini juga membuat lebih fleksibel untuk berhenti kapan pun. Mau berhenti di usia 56, bisa. Usia 60, silakan. 62, juga oke. Selain Anda tidak perlu risau dengan garansi perpanjangan, premi pun bisa flat lebih dari 20 tahun. Ya, jika Anda rutin membayar kontribusi tanpa cuti premi, maka hasil investasi / nilai tunai yang ada akan bisa menutup biaya-biaya polis, sehingga polis akan aktif terus selama masa proteksi yang Anda inginkan.

5. Rider / Asuransi Tambahan yang bagus

Merupakan sebuah fakta bahwa saat ini mayoritas perusahaan asuransi  membekali unit linknya dengan produk tambahan yang lengkap dan bagus. Baru belakangan ini saja asuransi jiwa murni mulai diperhatikan asuransi tambahannya. Dan alhamdulillah Tapro Allisya ini memiliki rider (asuransi tambahan) yang komprehensif, yaitu:

*ADDB (Accident Death and Disability Benefit), menanggung cacat sebagian maupun total dan meninggal akibat kecelakaan. Masa berlaku sampai usia 65 tahun.
*CI+ (Critical Illness Plus), menanggung 49 penyakit kritis. Masa berlaku sampai usia 70 tahun. Klaim rider ini tidak mengurangi UP jiwa.
*CI 100, asuransi penyakit kritis berjenis early stage (bisa klaim sejak tahap awal penyakit kritis), menanggung 100 penyakit kritis. Masa berlaku hingga 100 tahun.
*TPD (Total Permanent Disability), menanggung cacat tetap total akibat kecelakaan ataupun sakit kritis. Masa berlaku sampai 65 tahun.
*Flexicare Family, memberikan santunan rawat inap dan pembedahan di rumah sakit. Rider ini bisa menyertakan seluruh anggota keluarga dalam satu polis. Masa berlaku sampai usia 65 tahun.
*Payor benefit, yaitu bebas premi jika terkena CI+ atau TPD, bisa untuk peserta ataupun pasangan dari peserta. Masa berlaku sampai usia 65 tahun.
*Hospital and Surgical Care + (Askes Rawat Inap Cashless), asuransi kesehatan rawat inap dengan sistem kartu (sistem cashless). Masa berlaku sampai usia 70 tahun.

6. Maslahat Meninggal, pada Akhirnya, akan Lebih dari UP yang tertera di Polis.

Ya. Misalnya UP jiwa Anda 1 miliar, yang akan diterima ahli waris anda pada akhirnya akan lebih dari 1 miliar. Kenapa? Karena ada nilai tunai atau hasil investasi. Besarnya tergantung waktu dan hasil investasi pada saat itu. Dengan ini, UP jiwa anda kemungkinan tidak perlu diupgrade, kecuali anda mengalami peningkatan gaya hidup yang signifikan.

7. Produk sesuai Syariah

Last but not least. Bagi Anda yang peduli dengan nilai-nilai kesyariahan dari sebuah produk atau aktivitas ekonomi, akan sulit bagi Anda menemukan produk termlife yang murah dan lengkap proteksinya sekaligus sesuai syariah. Semua produk termlife kebanyakan adalah nonsyariah yang akadnya bersifat transfer risiko antara tertanggung dengan perusahaan asuransi, dan anda pun tidak perlu tahu uang anda diputar di mana.

Tapi Tapro Allisya atau Tapro Syariah, sesuai namanya, adalah produk asuransi yang memenuhi kriteria syariah. Akadnya berbagi risiko (risk sharing) dan tolong-menolong (ta’awuni) antara sesama peserta. Dengan ikut program ini, berarti anda meniatkan uang anda dipakai untuk menolong orang lain yang membutuhkan. Itu saja insya Allah sudah bernilai ibadah. Pada saatnya, siapa tahu anda sendirilah atau keluarga andalah yang membutuhkan pertolongan itu. Selain itu, investasi anda pun disalurkan ke instrumen-instrumen yang sesuai kriteria syariah, baik di saham, sukuk, maupun deposito. Jadi, akadnya baik, investasinya pun halal.

Baca juga: Konsep Tolong Menolong dalam Asuransi Syariah

Demikianlah pembahasan tentang Tapro Allisya atau Tapro Syariah dari Allianz, sebuah produk sinergi asuransi jiwa jenis unit link dan jenis term life dan berakad syariah. Ya, unit link Tapro Syariah jika difungsikan dengan tujuan utama sebagai produk asuransi. Maka hasilnya akan mendapat proteksi yang optimal dan lengkap, serta tidak kalah dengan asuransi murni. Sedangkan jika tujuannya mau investasi, silakan di tempat lainnya, bukan melalui Tapro Allisya  🙂

Semoga informasi dan penjelasan ini membantu dalam pencarian proteksi asuransi Anda. Jika masih bingung, mau tanya-tanya, atau ingin dibuatkan proposal ilustrasi Tapro Allianz Syariah. Silakan menghubungi saya melalui kontak dibawah ini.  Saya siap membantu. Terima Kasih 🙂

Salam hangat,

M.Ibnu Setiawan | HP/WA: 085726127497 | BBM 5748E6A0 | Email: m.ibnu.setiawan@gmail.com

Iklan

5 responses to “Investasi Tuh JANGAN di Unit Link, Trus Kalo Asuransi GAK HARUS di Termlife

  1. Ping-balik: Solusi Bagi Pencari Asuransi Termlife Syariah dengan Tapro Syariah | Agen Asuransi Jiwa & Kesehatan Syariah

  2. Ping-balik: Mengenal Unit-Link dan Perbedaannya dengan Asuransi Tradisional | Agen Asuransi Jiwa & Kesehatan Syariah

  3. Ping-balik: Unit Link, antara Investasi atau Proteksi | Agen Asuransi Jiwa & Kesehatan Syariah

  4. Ping-balik: Apapun Rencana Keuangan Keluarga Anda, Pastikan Terproteksi dengan Asuransi | Agen Asuransi Jiwa & Kesehatan Syariah

  5. Ping-balik: Ambil Asuransi Unit Link untuk investasi? Untuk Dana Pendidikan, Pensiun, Naik Haji?? Dipikir ulang deh.. | Agen Asuransi Jiwa & Kesehatan Syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s